Minggu, 05 Juli 2009

Menyatukan Kekuatan

Sungguh, beban kehidupan kita saat ini semakin terasa berat. Dalam hal apapun. Namun jangan pandang ini dari sisi pribadi kita yang mungkin saja sedang tidak dalam posisi kesulitan hidup, tapi mari kita lihat dari sisi persoalan umat secara keseluruhan.

Tataplah, mereka orang-orang yang terpaksa menggadaikan harga dirinya karena lapar, dan lihatlah saudara-saudara kita yang semangat kerjanya harus tersia-sia karena PHK, atau hitunglah berapa anak-anak kita yang terpaksa harus meninggalkan bangku sekolah. Dan banyak lagi persoalan-persoalan yang lebih berat. Kesemuanya butuh pemecahan, sebuah pemecahan yang tidak mungkin dipecahkan oleh sekelompok, segolongan, atau separtai.

Persoalan baru akan terpecahkan, jika antar individu, antar kelompok, antar golongan, dan antar partai yang berperan dipelbagai perangkat kenegaraan bersatu. Jangan katakan tidak mungkin karena akan menutup kemungkinan, dan jangan katakan terlalu berat karena berat akan menjadi ringan jika dipikul bersama. Sekarang mari kita singsingkan lengan baju dan mari satukan kekuatan yang kita miliki agar terpecahkan apapun persoalan yang kita hadapi.

Sesunguhnya perbedaan kita hanya seperti bedanya bentuk jari jemari yang harus tetap bersatu agar bisa berbuat, serta sesungguhnyalah perbedaan antar kita hanya bagai tangan kanan dan tangan kiri yang keduanya haruslah saling bekerja sama guna mengangkat beban yang tidak mungkin dilakukan oleh satu tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar