Senin, 08 Juni 2009

Sederhana

Satu hal yang membuat orang sering tergelincir ke neraka, yaitu keinginan mengumpul-ngumpulkan harta. Sebagai mana juga satu hal yang membuat orang banyak yang miskin tiada lain, yaitu banyak orang berlomba-lomba dalam kekayaan harta. Begitu juga satu hal yang membuat kehancuran alam, adalah juga berlomba-lomba dalam kekayaan harta. Demgan demikian berlomba-lomba dalam mengumpulkan kekayaan ternyata akan membuat tiga hal keburukan dan kehancuran, yakni masuk neraka, banyaknya orang miskin, dan kehancuran alam raya.

Jika demikian mari kita hindari hidup dengan berlomba-lomba mengumpulkan kekayaan. Dan mari kita ganti hidup dengan berlomba-lomba dalam kesederhanaan. Namun jangan artikan hidup sederhana yang kemudian membuat kita malas mencari harta. Dalam mencari harta kita tetap bersemangat, tapi tidak dikumpulkan, melainkan jika kemudian berlebih kita sedekahkan, kita infakan hingga uang kita berubah bentuk menjadi kekayaan dalam bentuk pahala.

Dengan demikian bagi yang bersemangat mencari harta tetap akan menjadi orang yang kaya raya, tapi kekayaannya akan dinikmati diakherat. Dengan berlomba-lomba dalam kesederhanaan kita akan memperoleh tiga kebaikan, yaitu lebih mendekati pintu syurga, mengurangi jumlah orang yang miskin, dan terpeliharanya alam lingkungan dan kesinambungan hidup. Mari berlomba-lomba hidup sederhana.


Ayat-ayat Suci Al Qur'an:

"Sesungguhnya Allah tidak berbuat zhalim terhadap manusia sedikitpun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zhalim pada diri mereka sendiri." (Q.S. Yunus 10:44)


Hadits-hadits Shahih:

Dari Abu Ya'la Syaddad bin Aus ra. dari Nabi saw. Beliau bersabda: "Orang yang cerdik adalah orang yang selalu menjaga dirinya dan beramal untuk bekal sesudah mati. Sedangkan orang yang kerdil yaitu orang yang hanya mengikuti hawa nafsunya tetapi ia mengharapkan berbagai harapan kepada Allah." (H.R. Tirmidzi)


Do'a Hari Ini:

"Ya Allah, tidak ada yang mendatangkan kebaikan-kebaikan selain Engkau, dan tidak ada yang menghilangkan kejahatan-kejahatan selain Engkau, Tiada daya dan kekuatan, kecuali dengan izin Allah." (HR. Ibnu Suni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar